Tip Hadapi Karyawan Bermasalah

Posted by | September 30, 2015 | Zona HRD

Salah satu tugas HRD adalah nmemastikan para karyawan menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan benar. Sayangnya tidak selamanya dalam proses bekerja semua yang diharapkan tersebut bisa berlangsung dengan baik. Ada kalanya timbul problem-problem yang tidak diharapkan. Salah satunya adalah, karyawan bermasalah.  Ada beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi tipe karyawan pembuat masalah seperti itu.

1. Tegas

Anda harus bersikap tegas dan memiliki wibawa agar para karyawan segan kepada Anda. Segan bukan dalam arti takut, Anda juga harus tetap berbaur, tetapi setidaknya karyawan tahu kalau Anda adalah HRD dan memang sudah tugas Anda untuk mengawasi mereka. Kalaupun misalnya salah satu dari karyawan adalah teman baik Anda, Anda harus bisa membedakan yang mana ranah pekerjaan dan mana bagian pertemanan.

2. Cari Tahu Masalahnya

Ketika sedang berhadapan dengan masalah, Anda harus cari tahu masalahnya dari segala sisi. Jangan hanya mendengarkan dari satu orang saja tetapi dari berbagai pihak. Ini dilakukan supaya Anda mendapatkan sudut pandang yang berbeda-beda. Dengan memandang dari pelbagai sudut pandang, Anda bisa menentukan letak masalah tersebut ada dimana dan menemukan cara penyelesaiannya seperti apa yang memberikan win win solution.

 3. Memberikan Sanksi

Jangan segan ataupun takut memberikan sanksi bila memang itu diperlukan. Sanksi diberlakukan bukan hanya untuk memberikan hukuman atas pelanggaran yang dilakukan oleh seorang karyawan tetapi juga sebagai contoh untuk karyawan-karyawan lainnya. Agar tidak memandang remeh untuk aturan perusahaan. Sejatinya aturan dibuat untuk kebaikaan bersama, bukan hanya untuk gertak sambal saja.

 4. Suportif

Ada satu masa dimana sebagai HRD Anda harus menentukan sikap atas pelanggaran yang dilakukan karyawan dengan cara memberikan sanksi. Namun sanksi tidaklah bersifat selamanya. Jika memang karyawan tersebut sudah menunjukkan perubahan, Anda sebagai manajemen HRD harus memberikan support dan kesempatan. Setiap orang pernah melakukan kesalahan namun tidak setiap orang memiliki kesadaran untuk tidak mengulanginya lagi.

5. Kepala Dingin

Memang lebih mudah mengatakan ketimbang melakukannya. Namun hal ini memang harus Anda lakukan ketika menghadapi karyawan bermasalah. Jangan sampai Anda menunjukkan emosi meledak di hadapan karyawan yang sedang memiliki problem tersebut. Ini hanya akan membuat masalah semakin runyam. Intinya, Anda harus tetap bersikap professional dan menahan emosi.

1019 total views, 1 today

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.