Tip Cari Kerja Lewat Media Online

Posted by | June 13, 2015 | Tips Lowongan Kerja dan Rekrutmen

anti-fraud-careers

Perkembangan media online yang sangat maju memudahkan kita untuk melakukan segala sesuatunya termasuk mencari pekerjaan. Namun seiring cepat dan mudahnya informasi yang diperoleh demikian jugalah penipuan bisa dengan mudah terjadi melalui media online.

Ada-ada saja orang yang memanfaatkan kebutuhan orang lain demi keuntungannya pribadi. Salah satunya adalah pemanfaatan iklan lowongan kerja yang ternyata adalah palsu. Supaya tidak tertipu, Anda perlu berhati-hati dan mengantisipasinya dengan beberapa hal berikut ini!

1. Jangan Mudah Percaya
Anda tidak boleh dengan mudahnya percaya begitu saja dengan setiap iklan lowongan kerja yang Anda baca. Anda harus mengecek kebenarannya, mencermati kalimat per kalimat dan setiap informasi yang dijabarkan. Biasanya kalau penipuan, menggunakan kalimat yang tidak formal dan sekadarnya saja.

2. Website Terpercaya
Anda harus memastikan informasi lowongan ini bersumber darimana. Bila memang sumbernya terpercaya dalam arti memang website informasi lowongan kerja yang sering Anda baca, artinya informasi Anda ini aman dan Anda bisa untuk melamar pekerjaan tersebut.

3. Banyak Iming-iming
Hal lain yang bisa menjadi penilaian Anda adalah apakah iklan lowongan pekerjaan tersebut terlalu mengiming-imingi Anda bakal sukses dengan pekerjaan tersebut? Ataupun Anda bisa berpenghasilan berjuta-juta? Ini adalah salah satu bentuk iklan lowongan pekerjaan yang patut dipertanyakan. Biasanya perusahaan bonafid tidak akan menjadikan gaji sebagai daya pikat agar banyak orang mau melamar pekerjaan di sana.

4. Memberikan Jaminan Uang
Anda membutuuhkan pekerjaan supaya dapat uang, kenapa juga Anda harus memberikan sejumlah uang supaya diterima bekerja di perusahaan tersebut. Alasannya adalah investasi. Seharusnya Anda bisa curiga dengan hal ini. Tidak ada perusahaan benar yang meminta sejumlah uang bagi calon karyawannya sebagai syarat untuk diterima kerja.

5. Alamat Tak Jelas
Perusahaan tersebut tidak memiliki alamar yang jelas. Pun ketika Anda berusaha mencari informasi mengenainya di internet Anda tidak menemukan apa-apa. Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut memang nyata berdiri dan benar-benar ada, Anda harus tahu rekam jejak perusahaan tersebut.

1007 total views, 1 today

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.