Apa yang Harus Dilakukaan Saat di-PHK?

Posted by | September 22, 2015 | Dunia Kerja

Pemutusan hubungan kerja sepihak bisa terjadi pada setiap karyawan tanpa memandang apapun. Ada banyak penyebab yang membuat hal ini bisa terjadi. bisa karena perampingan jumlah karyawan, kondisi perusahaan yang tidak memungkinkan untuk menjalankan produksi sehingga mau tak mau perusahaan harus gulung tikar.

Bila ini terjadi kepada Anda, jangan putus asa. Roda terus berputar yang semestinya Anda lakukan adalah tetap melanjutkan hidup dan karier. Satu perusahaan tidak bisa jadi alasan buat Anda untuk menghentikan langkah Anda.

1. Pertahankan Hak

Ketika terjadi pemutusan hubungan kerja, pertama yang Anda lakukan adalah meminta apa yang menjadi hak Anda. Jangan sampai apa yang sudah menjadi hak Anda tidak diberikan oleh perusahaan. Bila ini terjadi Anda dirugikan dua kali. Jangan takut dan segan, jika perusahaan tanpa segan menghentikan Anda kenapa harus segan untuk meminta apa yang menjadi hak Anda?

2. Selesaikan Tanggung-jawab

Tak kalah pentingnya adalah Anda harus menyelesaikan apa-apa saja yang menjadi tugas serta tanggung-jawab Anda di perusahaan tersebut. Jangan sampai Anda meninggalkan tugas yang terbengkalai. Akan tidak elok rasanya meninggalkan kesan jelek, walaupun pemutusan hubungan kerja tersebut juga tidak diinginkan.

3. Jangan Meninggalkan Jejak

Bawalah semua dokumen-dokumen ataupun berkas-berkas Anda, jangan ditinggal. Kemudian Anda juga perlu menghapus segala macam file di komputer. Bukan bermaksud apa-apa, tetapi alangkah baiknya Anda pergi tanpa meninggalkan jejak yang suatu saat bukan tak mungkin jadi dipermasalahkan.

4. Surat Rekomendasi

Jika memungkinkan mintalah surat rekomendasi kerja dari perusahaan tersebut. Apalagi jika pemutusan hubungan kerja tersebut karena perampingan ataupun gulung tikar. Bila demikian Anda punya hak untuk meminta surat rekomendasi dari perusahaan.

5. Move On

Jangan berlama-lama berleha-leha dengan status Anda sebagai pengangguran. Inilah saatnya Anda menggunakan link yang sudah dibangun selama ini untuk melihat peluang lain. Jangan malu untuk bertanya apakah teman-teman Anda tahu informasi soal pekerjaan.

6. Optimis

Anda harus tetap optimis, yakin dan percaya situasi ini akan membawa Anda pada kondisi yang lebih baik lagi. Anggaplah ini sebagai cobaan untuk membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

611 total views, 3 today

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.